MTsN 1 Blitar Gelar Ngaji Kitab Mauidzotul Mukminin Bersama Pengasuh PP Al Kamal

|Oleh Nuzuli Rohmah, S.Pd.

Blitar- Rabu, (13/03) MTsN 1 Blitar menggelar acara “Ngaji Kitab Bersama Pengasuh Ponpes. Al Kamal Kunir Wonodadi Blitar, Dr. K.H. Asmawi Mahfudz”. Acara ini berlangsung di aula MTsN 1 Blitar dan diikuti oleh para guru dan tenaga pendidikan MTsN 1 Blitar. Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan ketakwaan keluarga besar MTsN 1 Blitar di bulan Ramadan tahun 2024. Kitab yang dikaji adalah Kitab Mauidzotul Mukminin. Kepala MTsN 1 Blitar, Drs. Sihabbudin menyambut kegiatan ini dengan penuh antusias dari awal hingga akhir acara.

Dr. K.H. Asmawi Mahfudz merupakan pengasuh Ponpes. Al Kamal sekaligus dosen di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Berdasarkan keterangan beliau, kitab Mauidzotul Mukminin merupakan ringkasan dari kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghozali. Dalam kajian kitab ini, disampaikan salah satunya mengenai 6 rahasia puasa. Hal tersebut antara lain, 1) menjaga pandangan agar tidak liar dan membuat lalai untuk ingat kepada Allah serta melakukan “poso” (ngeposne roso) atau menentramkan hati, 2) menjaga lisan dari perbuatan negatif seperti berbohong, ghibah, namimah, dsb., 3) mencegah pendengaran dari hal-hal yang tidak sesuai dengan syariah, 4) mencegah seluruh anggota tubuh dari dosa, 5) tidak makan berlebihan saat berbuka puasa, dan 6) memiliki rasa khauf dan roja’ artinya takut kepada Allah dan selalu mengharap rida Allah SWT.

Acara berlangsung khidmat dan antusias. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Ahmat Mujahin. Acara berakhir sekitar pukul 11.30 WIB. Acara ini juga disiarkan langsung di akun media sosial YouTube MTsN 1 Blitar.

Penyunting: Ita Pradita, S.E., M.Pd.I.

Telp Kantor

 (0342) 556134