Doa Bersama dan Sodaqoh Lidafil Bala’ Keluarga Besar MTsN 1 Blitar “Praktik Pembelajaran Kearifan Lokal, Akulturasi Budaya Islam-Jawa”

Blitar- Islam merupakan suatu konsep ajaran agama yang bersifat humanistik, khususnya agama yang mengedepankan manusia sebagai tujuan utama, berdasarkan pada konsep “humanisme teosentris”, yakni poros. Islam merupakan agama tauhid yang bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan bagi kehidupan dan peradaban  manusia. Prinsip humanisme yang berpusat pada Tuhan itulah yang akan ditransformasikan menjadi nilai yang terinternalisasi dan diimplementasikan dalam konteks masyarakat yang berbudaya (Risky Arbangi: 2021). Indonesia adalah negara yang kental akan budaya dan menjadi negara yang memiliki penduduk dengan penganut agama Islam yang besar. Menurut portal informasi Indonesia sebanyak 87,2 % penduduk Indonesia menganut agama Islam. MTsN 1 Blitar sebagai madrasah akademik yang terletak di daerah Jawa Timur turut ikut serta dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya Jawa Timur kepada peserta didiknya.

Jumat, (08/09/2023), MTsN 1 Blitar mengadakan acara “Doa Bersama dan Sodaqoh Lidafil Bala’“ sebagai wujud praktik pembelajaran akulturasi budaya Islam-Jawa. Acara ini diikuti oleh Drs. Sihabbudin selaku kepala madrasah, guru, karyawan/wati, komite, perwakilan paguyuban, dan siswa-siswi MTsN 1 Blitar. Acara ini juga turut dihadiri oleh beberapa masyarakat di lingkungan madrasah.  Adapun rangkaian acara ini meliputi pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Ananda Nizam kelas 7-10, waosan hajat dan kalimat toyyibah oleh bapak H. Suhito dan penutup. Acara ini dilaksanakan pada pukul 08.20 dan bertempat di setiap kelas. Pada pukul 07.00 siswa-siswi juga telah melaksanakan tahlilan di Masjid Al Mukhlisun MTsN 1 Blitar sebagai kegitan rutin siswa-siswi setiap satu pekan sekali. Dalam acara ini, diharapkan semoga diijabah hajat kepala madrasah dan seluruh keluarga besar MTsN 1 Blitar. Semoga MTsN 1 Blitar selalu mendapat kewilujengan dan keselamatan dalam mengemban amanah pendidikan putra-putri bangsa.

Acara ini juga dalam rangka niat mengaqiqohi putra-putri MTsN 1 Blitar. Semoga putra-putri MTsN 1 Blitar diberi kewilujengan ayem-tentrem dan menjadi putra-putri yang saleh dan salihah serta diberi kesehatan, keselamatan, dan kemudahan dalam menuntut ilmu dan menggapai cita-cita. Dalam acara ini, turut serta mendoakan sang putra, Arif Joni Harta semoga mendapat ketenangan dan kebahagiaan di akhirat. Sebelumnya, seluruh keluarga besar MTsN 1 Blitar selama 7 hari setelah salat duha secara rutin mendoakan dan tahlil bersama untuk Ananda.

Penulis: Tim Jurnalistik (Nuzuli Rohmah, S.Pd.,)
Editor: Ita Pradita, S.E., M.Pd.

 

Telp Kantor

 (0342) 556134