MTsN 1 Blitar Memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI) Tahun 2023

MTsN 1 Blitar Memperingati Hari Palang Merah Indonesia (PMI)

17 September 2023

Blitar- Senin (18/09) MTsN 1 Blitar melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia ke-78. HUT PMI diperingati setiap tanggal 17 September, hari di mana Palang Merah Indonesia didirikan pada tahun 1945. Upacara ini diikuti oleh seluruh guru, karyawan/wati, dan siswa-siswi MTsN 1 Blitar dengan petugas upacara khusus oleh anggota Palang Merah Remaja (PMR) MTsN 1 Blitar. Pembina upacara adalah Waka Sarpras MTsN 1 Blitar, Nada Firmana, M.Pd. 

Sebagai generasi remaja, siswa-siswi MTsN 1 Blitar diajarkan untuk peduli terhadap sesama, sosial, dan kemanusiaan. Pendidikan ini diwadahi dalam ekstrakurikuler Palang Merah Remaja MTsN 1 Blitar. Tak hanya mengajarkan kepedulian dan kemanusiaan tetapi juga mengajarkan siswa-siswi untuk menjadi pribadi yang berani dan tangguh. Di  ekstrakurikuler Palang Merah Remaja MTsN 1 Blitar ini, mereka dibekali 7 prinsip dasar meliputi, Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, Kesemestaan.

Dalam pidatonya, Waka Sarpras MTsN 1 Blitar selaku pembina upacara hari ini, Nada Firmana, M.Pd. menyampaikan sejarah pembentukan PMI. Pembentukan Palang Merah Indonesia bermula pada tanggal 3 September 1945, ketika Presiden Soekarno mengeluarkan arahan untuk mendirikan Palang Merah Indonesia. Kemudian pada tanggal 5 September, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I Dr. Boentaran Martoatmodjo membentuk panitia yang beranggotakan lima orang.

Saat itu, PMI menjadi pionir dalam membantu korban Perang Revolusi meraih kemerdekaan NKRI dan mengembalikan tawanan perang Sekutu dan Jepang. Berkat prestasi tersebut, PMI mendapat pengakuan internasional dan menjadi  anggota Palang Merah Internasional pada tahun 1950. Keberadaan PMI kemudian disahkan di tingkat nasional melalui Keputusan Presiden Nomor  25 Tahun 1959 dan diperkuat dengan Keputusan Presiden No. 246 pada tahun 1963.

Di akhir upacara, diumumkan juara lomba kebersihan kelas. Lomba ini dilaksanakan secara rutin untuk mengajarkan kedisiplinan dan kebersihan dalam diri siswa yang dimulai dari kelas masing-masing siswa. Kepala MTsN 1 Blitar, Drs. Sihabbudin memberi apresiasi kepada siswa-siswi MTsN 1 Blitar yang menjadi juara kelas terbersih dengan memberikan penghargaan piala bergilir.

 

Penulis: Tim Jurnalistik (Nuzuli Rohmah, S.Pd.)

Editor: Ita Pradita, S.E., M.Pd.I.

Telp Kantor

 (0342) 556134