MILAD MADSANESABA MEMBAHANA

Ziarah Muasis MTsN 1 Blitar Kunir : Dalam rangka memperingati miladiyah ke 53, MTsN 1 Blitar menyelenggarakan berbagai kegiatan seru dan menarik. Kegiatan diikuti oleh seluruh Keluarga Besar MTsN 1 Blitar mulai dari siswa-siswi, bapak ibu guru dan karyawan, para alumni, serta orang tua siswa-siswi madrasah.

Hari Jum'at, 30 September 2022 kegiatan Milad yang ke 53 dimulai. Kegiatan diawali dengan ‘Ziarah Muassis’ MTsN 1 Blitar yang bertempat di depan SMP Al Kamal. Acara dimulai pukul 07.30 WIB. Acara dibuka oleh Bapak Moh. Dahlan Asnawi, S.Pd selaku ketua panitia Milad 53. Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Bapak Choirun Ni'am, M.Pd selaku Kepala Madrasah. Sambutan selanjutnya adalah Sambutan Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Kamal yang disampaikan oleh KH. Aminudin Fahruda, S.Ag. 

Beliau menyampaikan nama-nama ‘Muassis’ MTsN 1 Blita. Setelah sambutan dilanjutkan dengan Tahlil dan Do'a bersama yang dipimpin oleh Bapak Drs.Matroni, M.Pd. Acara berlangsung dengan lancar sampai pukul 09.00 WIB. Setelah Ziarah, seluruh siswa berkumpul di Masjid Al Mukhlisuun untuk pengundian nomor urut tampil dan tempat perlombaan besok. Kemudian juga dilaksanakan pengundian nomor urut stand bazar antar kelas. Setelah selesai siswa-siswi bisa pulang ke rumah atau ke asrama pondoknya masing masing.

Perlombaan Internal

Hari kedua Milad yaitu tanggal 1 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan diawali dengan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara dimulai pukul 07.00 WIB. Petugas upacara adalah tim Arprama MTsN 1 Blitar. Pembina upacara adalah Bapak Choirun Ni'am, M. Pd selaku kepala madrasah. Beliau menuturkan "Hari Kesaktian Pancasila adalah momen yang sangat berharga bagi negara kita. Pada hari inilah Pancasila diakui oleh negara sebagai dasar atau ideologi yang harus kita amalkan sebagai bekal kehidupan kita nanti ".

Setelah upacara, semua siswa kembali ke kelas dan mempersiapkan diri untuk perlombaan internal yang diikuti. Siswa yang tidak ikut lomba menata meja dan menghias stand bazar di GOR.

Perlombaan Internal dimulai pada pukul 08.00—14.00 WIB. Perlombaan tersebut diantaranya, lomba atletik (100m, 400m, 3000m) bertempat di lapangan Kunir. Berikutnya lomba pidato 3 bahasa berada di kelas yaitu kelas 99 (B. Indonesia), 98 (B. Inggris), dan 89 (B. Arab). Lomba MTQ (Musabaqoh  TilawatilQur'an) bertempat di Masjid Al Mukhlisun. Lomba tahfid di laboratorium biologi. Lomba tenis meja di GOR MTs. Lomba terakhir film pendek yang dikumpulkan paling lambat Rabu, 5 Oktober 2022 dengan jumlah peserta 5 anak  per kelas.

Bazar dan Olimpiade

Kegiatan hari ketiga, Senin 3 Oktober 2022 adalah Olimpiade dan bazar. Kegiatan dimulai dengan menghiaskan bazar mulai jam 07.00— 09.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan Olimpiade. Ada dua mapel Olimpiade yaitu Matematika dan IPS yang dilaksanakan di kelas masing-masing. Olimpiade ini wajib diikuti oleh seluruh siswa MTsN 1 Blitar. Jam 11.00 bagi siswa yang sudah selesai mengerjakan Olimpiade diwajibkan pergi ke GOR untuk melaksanakan bazaar. Selain bazar, juga ada lomba yel-yel antar kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi siswa, meningkatkan bakat dan kreativitas siswa, kekompakan siswa, dan tak lupa untuk mengajari tentang bisnis.

Kegiatan berjalan dengan lancer. Para siswa antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Di akhir kegiatan, siswa membersihkan stand bazar dan GOR.

Jalan Sehat dan Bazar

Selasa, 4 Oktober 2022, kegiatan miladiyah hari keempat adalah jalan sehat dan bazar. Kegiatan jalan sehat diikuti oleh semua siswa MTsN 1 Blitar, Guru karyawan MTSN 1 Blitar, dan kakak-kakak PPL. Acara dimulai dengan berkumpul di GOR. Kemudian dilanjut dengan sambutan-sambutan dari Kepala Sekolah MTsN 1 Blitar,dan kepala BSI. Jalan sehat selesai pada pukul 09.30 dan dilanjut dengan bazar, serta undian kupon.

Bazar hari kedua sangat meriah. Bazar juga dihadiri oleh orang tua siswa, alumni MTsN 1 Blitar, dan kakak-kakak dari MAN TAB. Pada pertengahan acara bazar ada salah satu alumni yang menampilkan lagu namanya Nurcholis, dia mengajak temannya untuk bernyanyi di panggung namanya adalah Daffa Raihan. Waktu dzuhur telah tiba Kami pergi meninggalkan GOR untuk melaksanakan salat zuhur lalu acara dilanjut setelah salat zuhur. Seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan terutama pada saat undian kupon karena ada banyak hadiah yang unik dan menarik. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar. Selanjutnya acara terakhir sebelum pulang adalah bersih bersih stand bazar dan GOR.

Olimpiade dan Wisuda Tahfidz

Kegiatan Rabu, 5 Oktober 2022 adalah Olimpiade internal dan Wisuda Tahfidz. Tepat jam 07.00 WIB siswa siswi MTsN 1 Blitar diarahkan ke GOR terlebih dahulu, lalu mereka mengerjakan soal olimpiade. Ada 3 mapel olimpiade yaitu IPA, PAI, dan Bahasa Inggris.

Kegiatan wisuda tahfidz berada di masjid Al-Mukhlisun yang pesertanya berasal dari kelas 7, 8, dan 9 kelas tahfidz. Tepat pukul 08.00 WIB acara wisuda dimulai. Acara pertama pembukaan dan dilanjutkan sambutan. Selanjutnya adalah doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh para peserta wisuda Setelah semua selesai tepat pukul 01.30 bel sekolah berbunyi dan para siswa bergegas untuk pulang kerumahnya masing-masing.

Khotmil Qur'an

Kunir,-Seluruh siswa MTsN 1 Blitar mengikuti acara khotmil Qur'an pada Kamis 6 Oktober 2022 yang bertempat di gedung olahraga. Acara khotmil Qur'an dimulai tepat pada jam 05.00 WIB. Acara ini dipimpin oleh para hafidz dan hafidzoh.

Pada acara ini ada 3 sesi kedatangan siswa. Kelas 7 datang jam 07.00, Kelas 8 jam 09.00, dan kelas 9 jam 11.00. Pakaian anak laki-laki, sarung+baju putih+dan kopyah. Sedangkan untuk anak perempuan memakai rok hitam+baju putih+jilbab hitam.

Adzan duhurpun berbunyi yang kebetulan khotmil Qur'an juga selesai. Selanjutnya para siswa diarahkan untuk sholat dhuhur terlebih dahulu. Untuk jama'ah laki-laki sholat di masjid sedangkan untuk jama'ah perempuan berada di GOR. Setelah sholat dhuhur selesai para siswa kembali ke gor semua untuk mengikuti tahlil bersama.

Setelah tahlil selesai dilanjutkan ceramah sedikit tentang pentingnya Al-Qur’an. Kyai Nafi menuturkan “Sebagai generasi muda saat ini harus terus diingatkan mengenai bagaimana menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan dan jiwa serta spirit dalam menjalankan kehidupan sehingga terhindar dari berbagai kerusakam moral. Sejalan dengan itu sejak dini kita harus menyiapkan dan memberikan dasar-dasar keagamaan yang kokoh dan kuat kepada anak-anak kita sehingga pada saatnya nanti anak-anak kita dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dan kemajuan tanpa harus berpaling dari ajaran Al-Quran. Dengan khotmil Qur'an ini dapat mengambil hikmah terdalam yaitu kita harus mengajarkan anak anak kita untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an sehingga mereka bisa menyelamatkan kita dari siksa neraka. Ini tidak hanya sekedar bacaan tetapi lebih dari itu. Al-Qur’an dapat dihayati dan diamalkan dalam setiap kehidupan manusia sehingga kita dapat menyadari arti pentingnya Al-Qur’an.” Acara khotmil Qur'an selesai tepat pada pukul 03.00 WIB para siswa dipulangkan ke rumah masing-masing.

 

Upacara Milad MTsN 1 Blitar dan Lomba Tumpeng

Puncak acara milad ke 53 Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar pada Jum'at, 7 Oktober 2022 kegiatan diawali dengan upacara milad. Upacara dimulai pukul 07.00 WIB. Petugas upacara dari OSIS. Pada pertengahan upacara bapak kepala sekolah menerbangkan balon yang bertuliskan milad MTsN 1 Blitar. Menambah meriah acara mercon dinyalakan dan lagu ulang tahun dinyanyikan bersama. Para siswa sangat senang dan ikut bernyanyi dalam upacara tersebut.

Setelah upacara selesai, bapak Asnawi mengumumkan pemenang perlombaan internal. Selanjutnya para siswa diarahkan untuk ke GOR untuk membawa barang barangnya menghias nasi tumpeng. Seluruh siswa menyambut antusias dan suka cita lomba tersebut. Bahkan bukan hanya para siswa, bapak ibu guru juga hadir sebagai suporternya. 33 nasi tumpeng yang dilombakan dan ditampilkan dengan kekhasan masing-masing kelas.

Menurut Kepala MTsN 1 Blitar bapak Choirun Ni'am, kegiatan tersebut selain memeriahkan milad madrasah yang ke 53 dan acara puncak milad madrasah, juga sebagai sarana untuk merangsang kreativitas dan menambah kekompakan antar kelompok untuk menghias nasi tumpeng. Para juri bergegas menilai seluruh nasi tumpeng yang dibuat oleh para peserta. Setelah penilaian para siswa diarahkan untuk ke kelas masing-masing untuk makan hasil buatan nasi tumpengnya. Tepat pukul 11.00 WIB para siswa dipulangkan ke rumah masing-masing /pondok masing masing.

 

Ditulis Oleh:

Ananda R. (92), Zannuba A.F. (98), Laila A.B (98), dan Zacky A.M (98)

Editor: Wahyu E.L.

 

 

Telp Kantor

 (0342) 556134