Membangun Kemandirian Siswa dalam Perkemahan Jambore Gugus Depan 19.55-19.56

Membangun Kemandirian Siswa dalam Perkemahan Jambore Gugus Depan 19.55-19.56
Pangkalan MTsN 1 Blitar Tahun 2023

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti "rakyat muda yang suka berkarya". Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Pramuka diberikan dasar-dasarnya agar siswa menyukai pelajaran di luar ruangan dan dapat memotivasi lingkungan, dan bertahan hidup. Pramuka sebagai wahana pembentukan karakter siswa, karena dalam Pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Masuknya pendidikan pramuka dalam struktur kurikulum pada pendidikan dasar patut diapresiasi. Pramuka seakan sudah menjadi bagian dari platform pendidikan.

Pramuka memberikan motivasi yang sangat berharga, bahwa hidup itu perlu berusaha, bekerja keras, dan pantang menyerah untuk mencapai sebuah kesuksesan. Melalui kegiatan Pramuka, siswa dapat memperoleh nilai-nilai kehidupan, kepemimpinan, kemandirian, dan kecintaan pada alam serta lingkungan. Melalui pramuka siswa diajarkan hidup dengan alam, kesederhanaan, dan kebersamaan.
MTsN 1 Blitar mengelar Perkemahan Jambore Gugus Depan 19.55-19.56 Pangkalan MTsN 1 Blitar Tahun 2023. Acara ini bertemakan “melatih diri menjadi pramuka produktif, mandiri, dan berprestasi”. Digelar pada Rabu-Jumat, 13-15 Desember 2023 di GOR MTsN 1 Blitar. Apel bersama dilaksanakan pada Kamis pagi (14/12/2023) di lapangan utama MTsN 1 Blitar dengan pembina Bapak Agus Syaifudin Zuhri.
Pramuka bukan hanya sekadar kegiatan ekstrakurikuler, tetapi juga merupakan wahana pembentukan karakter dan motivasi hidup bagi para anggotanya. Keberadaan Pramuka dalam pendidikan diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi muda yang berkarakter dan memiliki semangat untuk berkarya. Selain itu, acara yang digelar setelah usai tes Penilaian Akhir Semester (PAS) ini diharapkan menjadi ajang kreativitas, kemandirian sekaligus refreshing setelah PAS dan ajang persaudaraan antar teman.

     

Penulis: Nuzuli Rohmah, S.Pd. (Tim Jurnalistik)
Editor: Ita Pradita, S.E., M.Pd.I.

Telp Kantor

 (0342) 556134