Selebrasi Hari Pramuka ke-62 MTsN 1 Blitar

|Selebrasi Hari Pramuka ke-62 MTsN 1 Blitar

Oleh Nuzuli Rohmah, S.Pd.

 Blitar- MTsN 1 Blitar menyelenggarakan selebrasi Hari Pramuka ke-62 pada Senin, 14 Agustus 2023. Acara ini merupakan sekuel dari upacara bendera yang telah dilaksanakan pada pagi harinya. Selebrasi ini meliputi pelaksanaan MOGD dan kompetisi antar kelas.

MOGD merupakan masa orientasi gugus depan untuk siswa-siswi kelas 7 Pangkalan MTsN 1 Blitar.  MOGD dilaksanakan di aula MTsN 1 Blitar. MOGD ini bertemakan sumber daya manusia yang professional dan proporsional. Acara ini terdiri dari pembinaan kepramukaan meliputi materi sejarah dan lambang gerakan pramuka oleh kepala madrasah, Drs. Sihabbudin. Materi pendidikan kepramukaan oleh waka kurikulum, Khoirul Anwar, M.Pd.I. Materi struktur organisasi kepramukaan disampaikan oleh waka kesiswaan, Agus Syaifudin Zuhri, M.Pd. Materi sarana prasarana dan alat latihan kegiatan kepramukaan oleh waka sarpras, Nada Firmana, M.Pd.  Materi terakhir adalah janji dan ketentuan moral (kode kehormatan) pramuka oleh waka humas, Ita Pradita, S.E., M.Pd.I. Acara MOGD yang terakhir adalah pembinaan SKU, SKK, dan SPG tingkat penggalang oleh Bina Galang Kwarcab Blitar.

Kompetisi peringatan Hari Pramuka diikuti oleh seluruh siswa kelas 8 dan 9. Perlombaan tingkat kelas ini merupakan wujud penerapan nilai-nilai Dasa Darma Pramuka. Jenis-jenis lomba yang dilaksanakan adalah PBB (13 anak), mini phionering (4 anak), kreasi mading (4 anak), tumpeng mini (4 anak), dan fun game (5-10 anak). Perlombaan antar kelas ini mengajarkan kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, jiwa korsa, dan semangat pantang menyerah dalam diri siswa. Dengan demikian, diharapkan jiwa kompetitif dan kebersamaan serta kerukunan siswa terbangun dalam perlombaan kelompok tersebut.

Penulis : Tim Jurnalistik

Editor : Ita Pradita, S.E., M.Pd.I.

 

Telp Kantor

 (0342) 556134