SERAH TERIMA JABATAN DAN PISAH SAMBUT KEPALA MTSN 1 BLITAR TAHUN 2023

SSERAH TERIMA JABATAN DAN PISAH SAMBUT KEPALA MTSN 1 BLITAR

Oleh Nuzuli Rohmah, S.Pd

1 Foto Sertijab Kepala MTsN 1 Blitar

“Tak ada pertemuan tanpa perpisahan, tak ada sesuatu yang abadi. Harapan demi harapan telah terbangun menjadi gedung-gedung dan prestasi. Sejuta mimpi masih menanti. Tangga demi tangga telah kita naiki bersama. Suka dan duka menjadi warna yang indah. Kebersamaan ini akan terhenti. Jika usia Bapak Choirun Ni’am mencapai 100 tahun kami ingin hidup kurang 1 hari. Jadi sebentar lagi kami akan merasakan bekerja tanpa bapak di sisi kami”. Pesan hangat mengawali pagi ceria oleh pemandu acara.

Kamis, 25 Mei 2023, MTsN 1 Blitar menggelar momen akhir sekaligus momen pertama dalam acara “Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Pisah Sambut Kepala MTsN 1 Blitar, Choirun Ni’am S.Pd., M.Pd. Kepada Drs. Sihabuddin”. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kab. Blitar beserta ibu, Kepala MTsN 2 Blitar yang akan menjadi kepala MTsN 1 Blitar, kepala MTsN 1 Blitar, pengurus komite, seluruh tamu undangan MTsN 1 Blitar dan MTsN 2 Blitar.

Rangkaian acara ini diawali dengan sambutan pentas seni dari siswa-siswi berprestasi MTsN 1 Blitar, pembukaan oleh pemandu acara, Ita Pradita, S.E., M.Pd., pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Ananda Farhan Habibi Kelas 8-5, Sambutan dan untaian kata pamit kepala MTsN 1 Blitar, sambutan kepala komite, penyerahan dokumen RPM (Rencana Pengembangan Madrasah) dan site plain MTsN 1 Blitar, sambutan kepala MTsN 1 Blitar yang baru, sambutan kepala Kementerian Agama Kabupaten Blitar sekaligus do'a bersama.

Sambutan pertama oleh kepala MTsN 1 Blitar, Choirun Ni’am, S.Pd., M.Pd.  menyampaikan bagaimana perjalanan dan tantangan beliau selama menjadi kepala madrasah di kabupaten Blitar. Mulai dari menjadi kepala MTsN 10, MTsN 6, hingga MTsN 1. Pergolakan besar sewaktu beliau ditugaskan menjadi kepala MTsN 1. Layaknya mengendari bus besar kelas eksekutif. MTsN 1 Blitar  yang besar dengan segala atributnya, meliputi madrasah adiwiyata, riset, robotik, tahfiz, dan teman-temannya.  Dengan segala kekhawatiran itu, berkat motivasi dari kepala kemenag bahwa di mana pun ditempatkan yakinlah itu yang terbaik. Beliau yakin dapat melewati perjalanan penuh tantangan itu dengan baik. Sebagai ASN harus siap ditempatkan di manapun dan kapanpun.

“Prestasi adiwiyata nasional yang baru saja didapatkan semoga di tangan pak shihab siap maju menjadi adiwiyata mandiri dan pada ajang pekan prestasi akademik dan nonakademik MTsN 1 Blitar bisa menjadi nomor 1”. Pesan Bapak Ni’am kepada kepala MTsN 1 Blitar yang baru.

Kepala komite MTsN 1 Blitar, Hadi Priyanto, S.HI., M.Pd.I., menyambut hangat kepala MTsN 1 Blitar yang baru, Drs. Sihabudin. Pesan beliau, semoga Pak Sihab lekas menyesuaikan diri dan bisa membawa MTsN 1 Blitar menjadi nomor satu. Tak lupa beliau menyampaikan terima kasih kepada kepala MTsN 1 Blitar yang lama harapan dan doa sukses di tempat yang baru.

Pak Sihab selaku kepala MTsN 1 Blitar yang baru menyampaikan terima kasih sudah diterima di lingkungan MTsN 1 Blitar. Semoga dapat amanah dalam menyelesaikan tugas. “Ada tiga pegangan yang insyaAllah selalu kami pegang dalam menjalankan tugas yakni kejujuran, keikhlasan, dan tanggung jawab”. Kata sambutan beliau kepada seluruh audiensi. Beliau juga menyampaikan pantun fastabiqul khairot, “Pagi digiling menjadi beras, lalu disimpan dalam teras, mari bekerja keras dengan penuh ikhlas”.

Dipenghujung acara, Kepala kemenag, Drs. H. Taufik Jalil., M.M. menyampaikan sambutan dan nasihat-nasihat diantaranya, bahwa orang hebat tidak cukup berhasil di satu tempat. Orang hebat adalah orang yang selalu berhasil di tempatkan di mana saja, kapan saja, dan di situasi apa saja. Itulah tantangan orang sukses.  Kerja keras, kerja cerdas, kerja cermat, dan kerja tuntas. Pemimpin bisa sukses jika bisa membentuk ruang dinamis dan kerja sama satu tujuan.

Masih banyak mimpi dan harapan serta mimpi yang tertunda. Masih banyak tangga yang harus kita bangun untuk mencapai langit yang tinggi. Kejayaan dan ukiran prestasi masih menunggu. Uluran tangan dan sumbangsih kami nantikan. Masih banyak angan yang masih mengambang di otak kami. Kami tidak hanya bermimpi dan berangan. Marilah kita cari jawabannya kepada Bapak Sihabudin selaku kepala MTsN 1 Blitar yang baru. Begitu tutup kata puitis namun bermakna mendalam dari Sang Pemandu Acara. Semoga siapapun yang tinggal di MTsN 1 Blitar dapat mengharumkan nama MTsN 1 Blitar dengan penuh semerbak kebaikan dan ketulusan yang abadi.

Penulis: Tim Jurnalistik

Editor: Ita Pradita, SE., M.Pd.

     

2 Dokumentasi Sertijab Kepala MTsN 1 Blitar 2023

Telp Kantor

 (0342) 556134