Bimbingan Teknis Implemetasi Kurikulum Merdeka Guru dan Kepala Madrasah MTsN 1 Blitar

IImplemetasi Kurikulum Merdeka,

Guru dan Kepala Madrasah MTsN 1 Blitar Ikuti Bimtek Kurmer 

            Blitar-Seluruh Guru dan Kepala MTsN 1 Blitar mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka. Bimtek dilaksanakan di Aula MTsN 1 Blitar. Kegiatan Bimtek berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 22-24 Mei 2023.

            Kasi Pendma, Drs. Baharudin, M.Pd menyampaikan, “EDM-Evaluasi Diri Madrasah, Madrasah bisa menjawab permasalahan orang tua dan juga ancaman globalisasi. Guru terbaik merupakan guru yang terus memberikan harapan terhadap anak didiknya. Guru yang baik tidak pernah mengatakan anak didik kurang pintar dan kurang cerdas. Namun, mereka akan selalu membangun karakter anak didik yang semuanya istimewa.”

Materi hari pertama adalah Penguatan Karakter dan Soft Skill dalam Kurikulum Merdeka, Pengembangan Soft Skill Intrapersonal Guru (Self-Transforming), dan Pengembangan Soft Skill Interpersonal Guru (team-transforming). Menurut Dr. Muqowim, M.Ag, “Kita semua adalah sebuah karya adi luhung (master piece)”. Beliau juga menjelaskan bahwa bahagia merupakan salah satu Soft Skill yang penting sebagai seorang pengajar. Ketika kita bahagia, maka kita akan mengajar dengan bahagia. Level Soft Skill bagi pengajar ada empat, yaitu:

  1. Tipe job, berangkat karena tata tertib, karena suatu aturan, karena kewajiban. Berangkat pagi karena aturan yang berlaku.
  2. Tipe karir, berangkat karena ambisi. Segera hadir dalam suatu acara, karena ingin menjadi ketua penyelenggara selanjutnya.
  3. Tipe calling, berangkat karena panggilan hati, karena ingin memberikan pengabdian yang terbaik.
  4. Tipe cinta, berangkat melakukan suatu hal karena mencintai hal tersebut, baik pekerjaan maupun hal lainnya.

Dr. Muqowim juga menyampaikan terdapat lima kualitas pemberian Allah yang termasuk soft skill. Diantaranya, Suasana damai (piece); Cinta (love): senang memberi, memaafkan, melayani; Bahagia (hapy): sesuatu yang diolah dengan bahagia akan menghasilkan sesuatu yang bahagia; Penuh daya (power): bisa mengendalikan diri ketika marah; Penuh ketulusan (pure). Penghalang kualitas soft skill diantaranya adalah egois, marah, arogan, individual (attachment), dan nafsu.

Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat. Paradigma abad 21 meliputi 4C, sebagai berikut.

  1. Critical thingking, kritis dalam pemecahan masalah.
  2. Creativity and inovation, menciptakan sesuatu yang baru dan mengolah yang ada menjadi hal baru.
  3. Colaboration, interpersonal.
  4. Communication, komunikasi.

Dalam kurmer, misi utama Guru bukan mengajar, tapi menyentuh hati. Karena sesungguhnya ruh pendidikan adalah dari hati ke hati. Guru memberikan karakter pada peserta didik meliputi tiga hal. Head-knowledge the good, aspek kognitif. Heart-feeling the good-aspek afektif. Hand-doing the good, aspek psikomotor.

 

Kegiatan Bimtek IKM hari kedua adalah Menyusun Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil alamin. Bu Muti’atussalafi, M.Pd., menuturkan “Terjadi perubahan paradigma pendidikan, yaitu cara mendapatkan informasi atau cara belajar, cara mengerjakan tugas, teknologi yang digunakan, permainan yang dimainkan, dan cita-cita.” Dalam kurmer membangun budaya sekolah meliputi, Intra kurikuler, Ekstra kurikuler, dan P5RA. Dimensi Profil Pelajar Pancasila meliputi: berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri, beriman-bertaqwa-berakhlak mulia, rahmatan lil alamin.

Sesi 2-Seputar Kurmer dan Struktur Kurmer. Dr. Imam Wahyudi, S.Pd menjelaskan, “Implementasi Kurikulum Merdeka terdiri dari mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.” Kata kunci perubahan dalam kurmer, dokumen 1 menjadi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). KD menjadi CP, Silabus menjadi ATP, dan RPP menjadi Modul Ajar.

Hari terakhir Bimtek IKM kegiatan yang dilakukan adalah Penyusunan ATP, Penyusunan Modul Ajar, dan Assesmen Pembelajaran. Terakhir, seluruh rumpun mapel mengunggah hasil dokumen  tersebut dalam google drive yang sudah disiapkan Madrasah. Dari pelaksanaan kegiatan Bimtek diharapkan pelaksanaan Kurmer di Madrasah lebih optimal lagi.

 

Penulis: Wahyu Endang L.

 

Telp Kantor

 (0342) 556134