RE-ORGANISASI OSIS TAHUN 2020 MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR

PELAKSANAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI MASA PANDEMI COVID-19

Re-organisasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, memiliki arti Penyusunan Kembali atau Penataan kembali (Pengurus, Lembaga, Dsb). Reorganisasi disini bertujuan untuk proses regenerasi kepengurusan lama menuju ke kepungurusan baru, serta memilih pemimpin baru dalam suatu lembaga / organisasi yakni Organisasi Siswa Intra Sekolah / Madrasah. Re-Organisasi juga menjadi sebuah pembelajaran penting untuk pembelajaran demokrasi untuk para siswa, Melatih siswa untuk berorganisasi, Menyalurkan minat siswa untuk berorganisasi, Menumbuhkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam berorganisasi dan Meningkatkan kreativitas pengurus OSIS.

Re-Organisasi OSIS/M Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar ditahun 2020 ini pelaksanaannya sangat berbeda dengan pelaksanaan ditahun-tahun sebelumnya, dikarenakan situasi dan kondisi yang sangat membutuhkan suatu trobosan besar dan membutuhkan pemecahan masalah karena dihadapkan pada situasi pembelajaran online akibat Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda negeri kita tercinta ini. Tidak seperti biasanya Kegiatan Re-Organisasi akan dilaksanakan secara semarak di madrasah tetapi ditahun ini kita semua mendapat tantangan untuk melaksanakan secara daring tanpa menyebabkan kerumunan.

Pelaksanaan Re-Organisasi OSIS di MTs Negeri 1 Blitar Tahun 2020 dilaksanakan secara Tatap Muka dengan Protokol kesehatan dan secara online, beberapa kegiatan yang tetap berlangsung secara tatap muka dengan protocol kesehatan yang ketat diantaranya adalah seleksi kelayakan, administrasi, kepemimpinan dan minat bakat siswa menjadi Calon Pengurus OSIS 2021, tidak seperti tahun-tahun yang lalu, semua siswa dapat mendaftarkan diri sebagai pengurus OSIS/M tetapi ditahun ini Peserta OSIS/M sangat dibatasi untuk pendaftarannya yakni hanya siswa berprestasi yang mendapat Rekomendasi dari Pembimbing Akademik, Orang Tua dan Ketua Kelas yang dapat mendaftarkan diri menjadi Calon Pengurus OSIS 2021 dikarenakan tidak diperbolehkannya mengadakan kegiatan berkerumun di masa dan situasi yang sulit ini. Kegiatan yang dapat dilaksanakan secara Online, dimaksimalkan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang ada, seperti penggunaan Media Sosial dalam Penyampaian Informasi dalam Pelaksanaan Re-Organisasi Pengurus OSIS/M, Website, Streaming Youtube dalam kampanye dan debat terbuka calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS/M, serta Aplikasi pendukung dalam Pemilihan Ketua OSIS/M Tahun 2021.

Teknologi Informasi yang dimiliki oleh MTs Negeri 1 Blitar sudah cukup memadahi dari SDM yang sangat mumpuni dari TIM IT Madrasah maupun Alat yang tersedia di madrasah didukung dengan 6 Server dengan 4 Lab Komputer yang masing-masing ruang berkapasitas 30 Komputer dan besaran internet yang dimiliki MTs Negeri 1 Blitar mencapai 100 Megabyte, Tidak menjadi masalah dalam penyampaian informasi melalu media social seperti WhatsApp, Telegram, Facebook dan Instagram. Beberapa kali juga madrasah berhasil melaksanakan Rapat, Upacara dan kegiatan Penting lainnya melalui Streaming Youtube yang bias disaksikan di chanel youtube MTSN 1 Blitar, salah satunya adalah Proses Pelaksanaan Debat kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang dilaksanakan secara streaming Youtube di Chanel MTSN 1 Blitar.

Pemilihan Umum Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Tahun 2021, dilaksanakan menggunakan Aplikasi E-Voting, ini merupakan terobosan baru dalam pemilihan tahun ini. Pemilih dapat memilih calon pasangan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dari rumah dilaksanakan secara Online melalui link https://pilketos.mtsn1blitar.sch.id yang sebarkan menggunakan media social yang ada dengan menggunakan Nomor NISN dan Pasword yang telah ditentukan untuk para pemilih sehingga memiliki tingkat akurasi yang sangat baik, sehingga terlaksana Pemilihan Umum secara Jujur dan Adil. Meskipun Pemilihan Umum tahun ini dilaksanakan secara Online dirumah masing-masing tetapi antusiasme warga madrasah masih sangat tinggi dari warga madrasah sehingga menjadi Pembelajaran Demokrasi yang sangat baik.

Telp Kantor

 (0342) 556134