PENILAIAN AKHIR TAHUN 2019/2020

Pelaksanaan PAT (Penilaian Akhir Tahun) 2020 di MTs Negeri 1 Blitar

Masih di tengah Pandemi Covid-19, Penilaian Akhir Tahun (PAT) CBT untuk siswa-siswi kelas 7 dan 8 MTs Negeri 1 Blitar tahun pelajaran 2019/2020 dilaksanakan mulai hari ini, Selasa 2 Juni sampai dengan Rabu, 10 Juni 2020.

Ujian PAT CBT ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan smart phone, tablet, atau laptop di rumah masing-masing siswa dengan menggunakan aplikasi e-learning.

Dalam sambutan tertulisnya, kepala MTs Negeri 1 Blitar, Bapak Aripin, S.Pd., M.A menegaskan bahwa kegiatan ujian ini tidak semata-mata hanya untuk mendapatkan nilai yang maksimal, namun lebih dari itu bahwa kegiatan PAT CBT online ini menghendaki siswa-siswi MTs Negeri 1 Blitar melaksanakan dengan penuh kejujuran dan rasa tanggung jawab.

Pelaksanaan pembelajaran maupun ujian CBT secara daring/online bukanlah merupakan hal baru di MTs Negeri 1 Blitar. Selama masa pembelajaran darurat karena situasi pandemi, seluruh siswa dan guru telah melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar secara daring/online dengan menggunakan aplikasi e-learning. Bahkan untuk pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester) genap yang lalu, MTs Negeri 1 Blitar juga melaksanakan PTS CBT dengan aplikasi e-learning.

Sebelum pelaksanaan PTS maupun PAT siswa-siswi juga diberikan simulasi pelaksanaan ujian. Mulai dari cara login dengan password dan user name masing-masing, absensi di kelas online, dan cara mengatasi kendala-kendala tehnis yang mungkin terjadi.

Meskipun demikian pelaksanaan ujian CBT hari pertama bukan tanpa kendala. Mengingat tempat tinggal siswa tidak semuanya berada di wilayah yang jangkauan sinyalnya memadai.

Namun karena kekompakan dan kerja keras seluruh panitia baik itu operator, pengawas ujian, dan wali masing-masing kelas, kendala tehnis tersebut bisa segera diatasi dengan baik.

Karena banyaknya siswa yang mengakses aplikasi e-learning (636 siswa-siswi kelas 7 dan 8). Ujian PAT CBT dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 dilaksanakan mulai jam 07.00 sampai jam 11.00 dilanjutkan dengan sesi 2 dimulai jam 12.00 - 16.00.

Semoga pelaksanaan PAT di hari-hari selanjutnya diberikan kelancaran dan kemudahan hingga purna.

Telp Kantor

 (0342) 556134